Posted on

Jenis-jenis penyakit Kanker dan cara pencegahannya

Jenis-jenis penyakit kanker dan cara pencegahannya

Ada banyak macam dan jenis penyakit di sekitar kita, dari mulai penyakit biasa/ringan seperti pilek atau batuk,keduanya merupakan contoh penyakit yang mudah untuk disembuhkan dan tidak terlalu berbahaya.

Selain itu ada pula penyakit yang tergolong serius seperti ginjal, diabetes dan jantung yang tergolong sebagai penyakit yang cukup berbahaya. Beberapa penyakit tersebut dianggap berbahaya karena sulit untuk disembuhkan.

Selain beberapa penyakit mematikan tersebut ada pula satu penyakit yang sangat berbahaya yakni penyakit kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit yang ditakuti oleh semua orang karena proses penyembuhannya yang cukup lama dan memiliki kemungkinan yang sangat kecil bagi sang penderita untuk sembuh.

Semua macam kanker bermula dari sel-sel yang ada di dalam tubuh kita. Perlu diketahui tubuh kita terdiri dari banyak jenis sel yang terus tumbuh dengan cara yang terkontrol hingga kemudian sel-sel yang telah tua atau rusak akan diganti dengan sel-sel baru.

Namun, tidak selamanya proses perubahan sel-sel tersebut berjalan dengan benar, karena banyak faktor yang dapat mempengaruhi perubahan sel-sel tersebut. Salah satunya penyebab sakit kanker ialah terjadinya kerusakan sel DNA

Kerusakan yang terjadi pada sel DNA secara otomatis mempengaruhi pertumbuhan sel normal yang kemudian menimbulkan pertumbuhan sel-sel yang tidak dibutuhkan oleh tubuh sehingga terbentuk menjadi tumor jinak juga ganas bersifat kanker.

Selain beberapa kasus sel-sel kanker yang terbentuk menjadi tumor,adapula penyebaran sel-sel kanker ke bagian-bagian organ tubuh yang lain yakni penyebaran sel-sel kanker melalui darah. Beberapa diantaranya yang cukup familiar yaitu jenis kanker seperti leukimia yang menyerang darah dan organ pembentuk darah.

Diketahui ada  lebih dari 100 jenis kanker yang berbeda, yang diberi nama berdasarkan bagian organ tubuh yang pertama diserang.

Beberapa jenis kanker tersebut yaitu:

  1. Carcinoma ialah kanker yang dimulai pada kulit atau jaringan yang melapisi bagian organ internal.

  2. Sarcoma yaitu kanker yang dimulai di tulang,otot,pembuluh darah atau jaringan ikat lainnya

  3. Leukemia yang terbentuk pada jaringan pembentuk darah dan yang terakhir limfoma dan myeloma kanker yang dimulai pada sel-sel sistem kekebalan tubuh.

Untuk mengurangi risiko terserang penyakit kanker kita dapat melakukan berbagai cara pencegahannya,seperti menerapkan gaya hidup sehat mulai dari mengkonsumsi makanan yang sehat,berolahraga secara teratur,tidak merokok dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

Beberapa cara diatas salah satunya pemerikasaan kesehatan secara berkala sangatlah penting untuk dilakukan dengan tujuan jika dalam tubuh kita ditemukan adanya sel-sel yang berbahaya secepat mungkin dapat segera dilakukan penanganan yang tepat.

            Kesehatan merupakan suatu hal yang sangatlah penting bagi semua orang namun terkadang ada beberapa diantara kita yang sering mengabaikan hal tersebut seperti halnya kutipan berikut ini Kesehatan selalu tampak berharga setelah kita kehilangannya.” – Jonathan Swift.

Adapun maksud dari kutipan diatas ialah, bahwa banyak orang yang tidak menyadari betapa pentingnya kesehatan untuk dirinya. Misalnya ketika seseorang merasakan sakit, seseorang itu baru  menyadari bahwa betapa nikmatnya memiliki kesehatan tubuh yang baik.

Maka itu marilah kita semua untuk selalu mengingat dan menjaga kesehatan tubuh kita yang telah di anugerahkan dan diberikan Tuhan kepada kita sebagai makhluk-Nya. Kita patut menjaga kesehatan kita sebagai salah satu rasa syukur kita atas pemberian Sang pencipta.

Ada banyak macam hal dan kegiatan yang mendukung kondisi kesehatan tubuh kita seperti istirahat yang cukup, berolahraga secara rutin dan teratur,menjaga pola makan dan lain-lain.

Sumber : http://www.idmedis.com/2015/01/pengertian-kanker-apa-itu-kanker.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *